3 Tips Menjaga Kesehatan Mental di Tempat Kerja

Mungkin dari sebagian besar orang, tempat kerja menjadi bagian utama dari hidup. Banyak dari pekerja yang menghabiskan waktunya berada di lokasi pekerjaan. Rutinitas yang padat, pekerjaan yang monoton, mempunyai atasan yang mungkin tidak membuat nyaman, bertemu banyak karakter rekan kerja yang bervariasi dan mengejutkan, tentang hal-hal ini pernah kita rasakan ketika berada di dunia kerja.

Jika semua hal tidak menyenangkan terjadi dengan frekuensi yang sangat sering di tempat kerja, hal ini bisa membahayakan kesehatan mental kalian. Meski terdengar sepele, kesehatan mental bisa merusak psikis kalian. Buat kalian yang sedang mengalami kondisi mental yang sedang tidak baik, berikut adalah tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental di lingkungan kerja.

  1. Manfaatkan momen jam istirahat

Jam istirahat mungkin adalah salah satu waktu yang dinantikan pekerja. Manfaatkanlah waktu istirahat itu untuk bersosialisasi dengan rekan kerja lainnya. Jika memungkinkan, ajak nikmati waktu untuk makan siang bersama. Sejenak hal ini bisa mengusir rasa penat dan membangkitkan mood yang sedang dalam keadaan tidak baik.

  1. Terbuka dengan orang terdekat

Kalian bisa membicarakan apa yang sedang dirasakan dengan rekan kerja terdekat kalian. Keuntungannya ketika kalian bersikap terbuka dengan teman sekantor, setidaknya dia bisa memberikan solusi karena satu lingkungan kerja dengan kalian. Tapi jika kalian tidak memiliki rekan kerja yang dekat, kalian bisa menghubungi sahabat lainnya yang kalian percaya meski tidak satu lingkungan pekerjaan dengan kalian.

Membicarakan tentang perasaan kalian tidaklah dianggap bahwa hal tersebut adalah kelemahan. Ketika kalian terbuka, maka kalian akan merasa lega. Hal inilah yang akan menjaga kesehatan mental. Ambil waktu yang tepat ketika hendak membicarakan tentang apa yang kalian rasakan, supaya tidak mengganggu pekerjaan atau lawan bicara.

  1. Hindari berita negatif

Sangat mudah jaman sekarang untuk mendapatkan berita-berita terbaru. Ada berita positif dan negatif. Berita yang negatif ini bisa semakin memicu psikis jika kalian dalam kondisi mood yang tidak baik. Segera skip jika ada berita dengan highlight yang sifatnya kekerasan, kematian, bencana alam, dan lainnya.

Sesekali jangan lupa untuk mendengarkan musik sambil bekerja, dan ngemil Permen Davos, supaya suasana bekerja menjadi lebih nyaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *