Merasa Tidak Cocok Dengan Pekerjaanmu? Atasi Dengan Cara-cara Ini!

Kalian diterima bekerja di perusahaan, instansi, atau organisasi impian. Ironisnya, setelah bekerja disana mulai menemukan ketidakcocokan dengan pekerjaan tersebut. Hal itu disebabkan oleh beban kerja yang terlalu berat, konflik dengan atasan atau rekan kerja, gaji yang tidak sesuai harapan, sehingga membuat kalian tidak betah.

Kalian pun berpikir untuk mengundurkan diri. Tapi keluar dari pekerjaan tidak segampang membalikkan telapak tangan. Mungkin kalian takut nantinya luntang-lantung di masa depan. Sementara jika sudah dapat tawaran kerja yang lain, belum tentu pekerjaan itu akan lebih baik untuk kalian.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu kalian mengatasi rasa tak suka pada pekerjaan yang sedang dilakukan.

  1. Ungkapkan Keluhan-keluhan

Mengungkapkan dan menceritakannya pada orang lain adalah salah satu cara yang bisa dilakukan. Biarkan mereka mendengar keluh kesah kalian dan memberikan saran atau masukan. Berbagai, berdiskusi, dan melihat sisi masalah kalian lewat mata orang lain bisa memberi pencerahan. Berat beban akan berkurang, dan mungkin kalian justru akan sadar bahwa pekerjaan kalian sekarang ini tidak seburuk yang kalian bayangkan.

  1. Ingatkan Diri Bahwa Pekerjaan Ini Tidak Akan Kalian Lakukan Seumur Hidup

Kecuali kalian pegawai negeri atau BUMN, kemungkinan besar kalian tidak akan melakoni pekerjaan yang sekarang selamanya. Kesempatan untuk pindah pekerjaan akan selalu ada. Kalian tidak perlu buru-buru mengambilnya.

Sebelum kalian benar-benar menulis surat pengunduran diri, ingatkan diri kalian untuk bersabar dan melakukan pekerjaan semaksimal mungkin. Lakukan ini sembari mengumpulkan keberanian untuk hengkang.

  1. Sisihkan Waktu Untuk Diri Kalian Sendiri

Cari aktivitas-aktivitas yang kalian sukai, dan carilah waktu senggang untuk melakukannya. Menyisihkan waktu senggang untuk diri kalian sendiri akan menyeimbangkan kehidupan, membuat rileks, dan meminimalisir rasa stres.

  1. Tambahkan Hal-hal Seru Dalam Pekerjaan

Kalian tidak mungkin sepanjang hari berkutat dengan layar komputer dan meja kerja bukan? Di sela-sela jam kerja, pasti ada beberapa menit waktu untuk istirahat dan makan siang. Nah, kalian bisa menggunakan waktu tersebut untuk melakukan hal-hal seru dan menghibur.

  1. Bercanda dan Tertawalah

Jangan sampai kebencian pada pekerjaan membuat kalian tidak bisa tertawa lepas. Tertawa, walau terlihat sepele, memiliki banyak dampak positif untuk kalian. Para ahli bahkan percaya bahwa tertawa akan meningkatkan rasa optimis dan kemampuan kalian untuk mengatasi hal-hal buruk yang datang dalam kehidupan.

Kali-kali ketika ada masalah, cobalah untuk menenangkan diri dengan memakan Permen Davos, rasa mint nya dijamin bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *