4 Cara Menciptakan Work Life Balance

Sekarang ini, masih banyak karyawan yang sulit untuk menemukan tips work life balance. Hal ini cukup berbahaya. Karena, kehidupan kerja dan personal yang tidak seimbang dapat memicu stres dan membuat pekerja menjadi cepat kelelahan di tempat kerja.

Di satu sisi, karyawan bisa terlalu sibuk bekerja, sampai mengabaikan kehidupan yang dimiliki di luar kantor. Di sisi lain, bisa pula pekerja terlalu fokus pada kehidupan pribadi sehingga tugas dan tanggung jawab kantor terabaikan.

Kedua hal tersebut tidak bisa dibiarkan karena bisa mempengaruhi aspek kesehatan fisik dan psikis pekerja. Nah, berikut adalah cara untuk menyeimbangkan antara keduanya:

  1. Kurangi penggunaan gadget

Selalu terhubung dengan internet dan berinteraksi terus dengan gadget bisa menjadi penyebab kalian tidak memiliki work life balance yang baik. Hasilnya, mereka tidak bisa santai dan justru tidak bisa meluangkan waktu di rumah untuk beristirahat.

Masalah ini sifatnya makin parah, terutama dengan sistem kerja work from home atau WFH yang sudah berlangsung sejak pandemi muncul. Kurangi waktu penggunaan gadget. Misalnya, setelah bekerja, usahakan untuk mematikan gadget tidak lebih dari pukul 8 malam.

Selain itu, selama hari libur, cobalah untuk luangkan waktu bersama dengan keluarga dan laksanakan hobi kalian. Gunakan gadget hanya ketika kamu ingin berkomunikasi dengan teman.

  1. Kurangi sikap perfeksionis

Menjadi seorang perfeksionis tidaklah salah. Bahkan, sikap tersebut bisa mendorong kalian untuk selalu memberikan kinerja terbaik. Tapi, jika kebiasaan tersebut dibiarkan, sikap perfeksionis justru bisa mengganggu kehidupan di luar pekerjaan. Yang perlu kalian ingat adalah bahwa kesalahan atau kekurangan itu wajar. Apapun yang kalian kerjakan pasti sudah dilakukan dengan baik.

  1. Tentukan prioritas kerja

Trik ini cukup efektif supaya kalian bisa memiliki waktu luang meski jadwal kerja menunjukkan banyak deadline. Contohnya, cobalah untuk mengerjakan tugas yang berat lebih awal. Sehabis itu, kalian bisa sedikit santai dan menyelesaikan pekerjaan yang lebih mudah.

Itu dia 3 tips untuk menyeimbangkan kehidupan pribadi dan pekerjaan. Semoga kalian yang sedang mencari informasinya bisa terbantu ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *