STOP! Ini 5 Tips Menghilangkan Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Menunda pekerjaan itu memang menyenangkan, kalian menjadi senggang dan santai, tapi jangan terlalu senang! Menunda pekerjaan hanya kesenangan sesaat. Mungkin kalian sudah tahu apa akibat dari menunda pekerjaan, sehingga kalian baca artikel ini, untuk membantu kalian menyelesaikan permasalahan untuk yang sudah menunda pekerjaan.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kalian ikuti supaya tidak lagi menunda-nunda pekerjaan.

  1. Niat

Kalian sudah setengah jalan! Dengan membaca artikel ini, berarti kalian sudah memiliki niat untuk menghindari diri untuk menunda. Tanpa ada niat, kalian tidak akan bisa merubah diri sendiri. Kebiasaan menunda tidak bisa diselesaikan dengan solusi dari luar, jika diri kalian tidak niat untuk menghindari menunda pekerjaan.

Mungkin di tengah proses perbaikan diri, akan terjadi penolakan, karena kalian sudah merasa bahwa sebenarnya menunda tidak selalu membuat kalian merasa rugi, hanya saja ketika mendekati deadline, akan selalu terburu-buru dan selama ini kalian tidak pernah terlambat.

Jauhi pemikiran tersebut, kalian memang cekatan jika selama ini deadline dari atasan selalu terpenuhi. Tapi kalian tahu, jika tidak menunda, memiliki hidup yang lebih produktif.

  1. Buat Deadline “Palsu”

Jika deadline sebenarnya adalah tanggal 20, maka tulis di kalender menjadi tanggal 17. Gunakan untuk mendorong kalian melakukan pekerjaan tersebut. Salah satu penyebab menunda pekerjaan adalah waktu deadline yang lama, sehingga kalian merasa memiliki banyak waktu sebelum mengerjakan hal tersebut.

  1. Buat Jadwal Tertulis

Mungkin banyak yang berpikir bahwa hal ini tidak penting, tapi membuat jadwal berperan penting untuk kalian yang suka menunda. Dengan ini, kalian bisa melihat timeline kerja secara keseluruhan, tidak terpaku pada satu hari. Sebaiknya kalian mempunyai kalender bulanan di meja, dan menuliskan pekerjaan di kalender tersebut, sehingga setiap kalian melihatnya akan terus teringat akan pekerjaannya.

Mungkin akan terdengar terlalu konvensional, tapi akan lebih berpengaruh jika semua deadline ditulis diatas kertas note/kalender yang letaknya di samping komputer dan terlihat jelas di depan mata.

  1. Hindari Media Sosial

Mungkin ini akan sulit! Pasti banyak yang ketika bosan bekerja biasanya akan mulai menggunakan sosial media. Nah yang jadi masalah ketika pemakaiannya tidak bisa berhenti, jadi akan terus berkelanjutan sehingga kalian bisa lupa waktu.

  1. Tidur yang Cukup

Kalau kalian tidak tidur teratur dan kurang tidur, akan berpengaruh pada konsentrasi. Jika kalian telah mendapatkan istirahat yang cukup, maka kalian tidak akan ngantuk. Semakin kurang istirahat, maka fokus akan cepat buyar dan kerjaan juga menjadi tidak optimal. Atur waktu, jangan sampai waktu untuk kerja dilakukan untuk tidur.

Jika memang dirasa lelah karena harus fokus bekerja terus, kalian bisa coba bekerja sambil ngemil Permen Davos. Supaya suasana hati bisa adem karena mint dari permen Davos. Semoga membantu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *