Terkadang muncul distraksi yang bisa mengganggu konsentrasi ketika sedang bekerja, misalnya banyak notifikasi di handphone, internet cepat di kantor yang membuat kalian ingin bermain media sosial atau berselancar di dunia maya, suasana ruang kantor yang tidak kondusif, bahkan rasa haus pun bisa mengganggu fokus ketika bekerja.
Jadi, apakah tetap bisa fokus bekerja tanpa terganggu dengan distraksi dari lingkungan sekitar? Jawabannya, pasti bisa! Berikut ini ada lima tips supaya kalian bisa tetap fokus dan bisa berkonsentrasi selama bekerja:
- Terapkan mindfulness selama bekerja
Mindfulness dikenal sebagai suatu pikiran dan perasaan yang hidup sepenuhnya saat ini juga. Melalui cara ini, kalian bisa mengarahkan fokus diri hanya pada pekerjaan, tidak bercabang ke banyak hal lain yang tidak memiliki kaitan dengan tugas yang sedang dikerjakan. Dengan begitu, pekerjaan akan cepat selesai karena kalian tidak membagi pikiran dan perasaan ke hal lain yang tidak begitu penting.
- Rileks dan tenangkan pikiran
Sebelum mengerjakan tugas, alangkah baiknya sejenak relaksasi diri sambil memakan Permen Davos agar tubuh menjadi rileks dan pikiran jadi tenang. Beberapa hal yang bisa dilakukan antara lain latihan pernapasan, meditasi yang cukup selama lima menit, atau bisa juga dengan mendengarkan musik kesukaan untuk menghadirkan suasana hati yang baik. Setelah tubuh menjadi rileks dan pikiran tenang, kalian bisa lebih fokus untuk mengerjakan tugas.
- Banyak minum air mineral agar tidak dehidrasi
Bukan rahasia lagi jika dehidrasi bisa membuat hilangnya konsentrasi dan tidak fokus. Itulah alasan kenapa minum air mineral menjadi sangat penting, karena sebanyak 60% tubuh manusia mengandung cairan. Faktanya kehilangan sedikit saja cairan di dalam tubuh akan mempengaruhi kinerja otak seperti gangguan konsentrasi dan suasana hati, bahkan dapat memicu munculnya sakit kepala.
- Buat daftar tugas yang harus dikerjakan
Sebelum mulai melakukan pekerjaan, akan lebih baik jika kalian memiliki daftar tugas yang harus dikerjakan. Tentu prioritas dari tugas-tugas tersebut dengan cara mengurutkan apa yang paling penting untuk diselesaikan terlebih dahulu hingga bagian terakhir yaitu tugas yang bisa ditunda pengerjaannya.
Baca juga: Rahasia Kerja Lebih Produktif
Dengan memiliki daftar tugas, kalian bisa lebih cermat dan teliti selama bekerja. Selain itu, kalian juga bisa meminimalisir kemungkinan ada tugas yang lupa dikerjakan.
Semoga tips menciptakan hari tanpa distraksi di kantor bisa menjawab pertanyaan kalian selama ini ya.